Sobat pembaca yang saya kasihi, kali
ini saya ingin membagikan salah satu contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
atau biasa dikenal dengan RPP. Kita ketahui bersama, bahwa pendidikan di
Indonesia ini mengalami begitu banyak perubahan, dan tentu saja itu semua guna
untuk pendidikan Indonesia agar lebih maju dan para penerus bangsa bisa
"berjuang" di dalam dunia pendidikan pula.
Untuk itu, dibentuklah RPP Kurikulum 2013. Dimana, RPP
kurikulum ini adalah revisi dari RPP dalam kurikulum sebelumnya. Setelah sobat
pembaca melihat isi kurikulum ini, diharapkan agar bisa melihat apa yang
menjadi perbedaan RPP sekarang dan RPP sebelumnya.
Oleh karena itu, sebagai pembaca yang baik, hendaklah kita
meneliti serta menelaah apa yang menjadi perbedaan dengan kurikulum sebelumnya
dalam hal ini perangkat pembelajaran - Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SMA Negeri
Maju Bersama
Kelas
/ Semester : XII /
Ganjil
Peminatan : Ilmu Pengetahuan
Sosial (IPS)
Mata
Pelajaran : Ekonomi
Tema
/ Topik : Koperasi
Sekolah
Pertemuan
ke- :
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit
A. Kompetensi
Inti
KI 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI
2. Mengembangkan perilaku (jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong,
kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam, serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B. Kompetensi
Dasar
KD 1.2 Menerapkan
ajaran agama dalam praktek mengelola usaha dan koperasi
KD 2.4 Menunjukkan
perilaku kreatif, percaya diri, disiplin, tanggung jawab, kerjasama dan mandiri
dalam melakukan praktik mengelola koperasi sekolah
KD 4.4 Menerapkan
teori pengelolaan koperasi
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
1. Menjelaskan pengertian koperasi
sekolah
2. Menyebutkan ciri-ciri koperasi
sekolah
3. Menyebutkan tujuan koperasi sekolah
D. Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa mampu menjelaskan pengertian koperasi
sekolah
2. Siswa mampu menyebutkan ciri-ciri
koperasi sekolah
3. Siswa mampu menyebutkan tujuan
koperasi sekolah
E. Materi
Ajar
Koperasi Sekolah
1.
Pengertian Koperasi Sekolah
Istilah koperasi berasal dari dua
kata, yaitu co dan operation. Co berarti bersama dan operation
berarti pekerjaan, sehingga kalau digabung menjadi cooperation atau koperasi berarti pekerjaan bersama, atau
bersama-sama bekerja untuk tujuan tertentu
Menurut
Undang-Undang Koperasi No. 25 Tahun 1992, koperasi adalah badan usaha yang
beranggotakan orang-seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan
kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi
rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan.
Koperasi sekolah adalah koperasi yang anggota-anggotanya
terdiri atas siswa-siswa sekolah. Jika koperasi sekolah didirikan di Sekolah
Dasar, berarti nama disebut Koperasi Sekolah Dasar. Selanjutnya jika koperasi
sekolah didirikan di Sekolah Menengah Pertama, maka disebut Koperasi Sekolah
Menengah Pertama, dan seterusnya.
2.
Ciri-Ciri Khusus Koperasi Sekolah
1) Tidak berbadan hukum namun diakui
sebagai koperasi.
2) Anggotanya terdiri atas siswa SD,
SMP, SMA, SMK, atau sekolah sederajat dengannya.
3) Jangka waktu keanggotaan terbatas
selama anggotanya tersebut menjadi siswa sekolah yang bersangkutan.
4) Diselenggarakan pada waktu-waktu
tertentu agar tidak mengganggu kegaitan belajar mengajar.
3.
Tujuan Koperasi Sekolah
1) Mendidik, menanamkan, dan memelihara
suatu kesadaran hidup bergotong-royong dan setia kawan diantara para murid.
2) Menumbuhkembangkan jiwa
kewirausahaan siswa.
3) Memelihara dan meningkatkan mutu
pengetahuan dan keterampilan di bidang perkoperasian.
4) Memelihara hubungan baik dan saling
pengertian yang mendalam diantara sesama anggota koperasi sekolah.
5) Membangkitkan sikap berani
mengemukakan pendapat
6) Sebagai saran untuk memenuhi
kebutuhan alat-alat sekolah.
7) Sebagai sarana untuk belajar
menerapkan prinsip-prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari.
F. Alokasi
Waktu: 1 x 45 menit
G. Metode,
Model , dan Pendekatan Pembelajaran
-
Metode Pembelajaran : Ceramah,
Tanya jawab
-
Model Pembelajaran : Artikulasi
-
Pendekatan Pembelajaran : Pendekatan Saintifik (Scientific Approach)
H. Media/
Sumber Pembelajaran
v Alat pembelajaran : 1. Lembaran
tugas
2. Laptop
3. LCD
4.
Chart
v Media pembelajaran : Power point
v Buku
sumber : Ekonomi untuk SMA dan MA KelasXII
YuliEko.2009.Ekonomi.Jakarta.CV.Mitra
Media Pustaka
Ekonomi
untuk SMA/MA Kelas XII
Noviani,
Leni.2009.Ekonomi.Jakarta:Pusat Perbukuan Depdiknas
I.
Proses Belajar
Mengajar atau Skenario Pembelajaran
A.
Pendahuluan
Kegiatan (Guru dan Siswa)
|
Metode
|
Media
|
Alokasi Waktu per-tahap
|
Penilaian pengamat
|
1. Mengucapkan salam
2. Berdoa
3. Mengabsen Siswa yg hadir
4. Apersepsi
v Mengingatkan kembali tentang materi yang
diajarkan pertemuan sebelumnya.
Misalnya : Apa yang dimaksud dengan koperasi?
5. Motivasi
v Koperasi
adalah salah satu alternatif dalam mensejahterakan orang-orang.
|
Ceramah
|
|
5 menit
|
|
B. Inti
Kegiatan
(Guru dan Siswa)
|
Metode
|
Media
|
Alokasi
Waktu
|
Penilaian
Pengamat
|
1. Guru menyampaikan indikator yang
akan dicapai
2. Guru menyajikan materi sebagaimana
biasa
3. Untuk mengetahui daya serap siswa,
guru membentuk kelompok berpasangan dua orang
4. Menugaskan salah satu siswa dari
pasangan itu menceritakan materi yang baru diterima dari guru dan pasangannya
mendengar sambil membuat catatan-catatan kecil, kemudian berganti peran.
Begitu juga kelompok lainnya.
5. Menugaskan siswa secara bergiliran/diacak
menyampaikan hasil wawancaranya dengan teman pasangannya. Sampai sebagian
siswa sudah menyampaikan hasil wawancaranya
6. Guru mengulangi/ menjelaskan
kembali materi yang sekiranya belum dipahami siswa
7. Kesimpulan/ penutup
|
Ceramah, diskusi,
Artikulasi
|
Power point, Chart
|
35 menit
|
|
C. Penutup
Kegiatan
(Guru dan Siswa)
|
Metode
|
Media
|
Alokasi
Waktu
|
Penilaian
Pengamat
|
1. Guru memberikan Post Test: Tanya jawab antara Guru dan
siswa untuk menguji siswa apa sudah mengerti materi yang sudah di jelaskan
dari awal sampai akhir.
2. Guru dan siswa bersama – sama
menyimpulkan materi yang dibahas
|
Ceramah
|
|
5 menit
|
|
J. Penilaian
Proses dan hasil Belajar
1. Teknik
Penilaian : Tes tertulis dan pengamatan
2.
Bentuk
Instrumen :
Essay
3.
Instrumen :
1. Apa yang dimaksud dengan koperasi
sekolah?
2. Sebutkan ciri-ciri koperasi sekolah!
3. Sebutkan tujuan mendirikan koperasi
sekolah!
4.
Kunci Jawaban : Terlampir
TABEL SPESIFIKASI LEMBAR PENILAIAN
Tabel
1 : Lembar Penilaian Pengetahuan
Indikator
|
LP
dan Butir Soal
|
Kunci LP dan Jawaban Butir soal
|
· Menjelaskan pengertian koperasi sekolah
· Menyebutkan ciri-ciri koperasi
sekolah
· Menyebutkan tujuan mendirikan
koperasi sekolah
|
1. Jelaskan pengertian koperasi
sekolah!
2. Sebutkan ciri-ciri koperasi
sekolah!
3. Sebutkan tujuan mendirikan
koperasi sekolah!
|
Terlampir
|
Tabel 2 : Lembar Penilaian sikap
Aspek yang dinilai
|
Teknik penilaian
|
Waktu penilaian
|
Karakter:
a. Jujur ; peserta didik diharapkan jujur
dalam mengerjakan tugas yang diberikan
b. Tanggung
jawab ; peserta didik diharapkan
menyelesaikan tugas yang diberikan tepat waktu
c. Teliti ; peserta didik diharapkan teliti
dalam mengerjakan tugas-tugas yang deberikan
|
Pengamatan
|
Selama pembelajaran dan saat diskusi
|
4. Lembar Penilaian Keterampilan
Aspek Yang Dinilai
|
Teknik
penilaian
|
Waktu penilaian
|
Keterampilan Sosial
a.
Bertanya ; peserta didik dalam
mengajukan pertanyaan dapat menggunak
b.
an tutur kata yang sopan
c.
Menyumbang ide atau
pendapat ; peserta didik dapat menyumbangkan ide atau gagasan yang bersifat
toleran
d.
Menjadi pendengar yang baik ; peserta didik dapat
menjadi pendengar yang baik saat guru sedang menjelaskan materi pelajaran
e.
Berkomunikasi ; peserta didik dapat berkomunikasi dengan baik
|
Pengamatan
|
Penyelesaian tugas (baik individu
maupun dalam kelompok)
dan saat diskusi
|
LAMPIRAN KUNCI JAWABAN SOAL ESSAY
KUNCI JAWABAN SOAL ESSAY :
1.
Pengertian koperasi sekolah adalah
koperasi yang anggota-anggotanya terdiri atas siswa-siswa sekolah
2.
Ciri-Ciri Khusus Koperasi Sekolah
a.
Tidak berbadan hukum namun diakui
sebagai koperasi.
b. Anggotanya terdiri atas siswa SD,
SMP, SMA, SMK, atau sekolah sederajat dengannya.
c.
Jangka waktu keanggotaan terbatas
selama anggotanya tersebut menjadi siswa sekolah yang bersangkutan.
d. Diselenggarakan pada waktu-waktu
tertentu agar tidak mengganggu kegaitan belajar mengajar.
3.
Tujuan koperasi sekolah, yaitu:
a.
Mendidik, menanamkan, dan memelihara
suatu kesadaran hidup bergotong-royong dan setia kawan diantara para murid.
b. Menumbuhkembangkan jiwa
kewirausahaan siswa.
c.
Memelihara dan meningkatkan mutu
pengetahuan dan keterampilan di bidang perkoperasian.
d. Memelihara hubungan baik dan saling
pengertian yang mendalam diantara sesama anggota koperasi sekolah.
e.
Membangkitkan sikap berani
mengemukakan pendapat
f.
Sebagai saran untuk memenuhi
kebutuhan alat-alat sekolah.
g. Sebagai sarana untuk belajar
menerapkan prinsip-prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari.
No
|
Unsur yang dinilai
|
Skor
|
Bobot
|
∑Skor max x Bobot
|
1
|
Jika menuliskan jawaban yang
benar
|
4
|
5
|
20
|
Jika menuliskan
jawaban tetapi kurang lengkap
|
3
|
|||
Jika menuliskan jawaban tetapi belum lengkap
|
2
|
|||
Jika menuliskan jawaban
tetapi salah
|
1
|
|||
2
|
Jika menuliskan jawaban yang
benar
|
4
|
10
|
40
|
Jika menuliskan
jawaban tetapi kurang lengkap
|
3
|
|||
Jika menuliskan jawaban tetapi belum lengkap
|
2
|
|||
Jika menuliskan jawaban
tetapi salah
|
1
|
|||
3
|
Jika menuliskan jawaban yang
benar
|
4
|
10
|
40
|
Jika menuliskan
jawaban tetapi kurang lengkap
|
3
|
|||
Jika menuliskan jawaban tetapi belum lengkap
|
2
|
|||
Jika menuliskan jawaban
tetapi salah
|
1
|
|||
Jika menuliskan jawaban
tetapi salah
|
1
|
|||
Jika menuliskan jawaban yang
benar
|
4
|
|||
Jika menuliskan
jawaban tetapi kurang lengkap
|
3
|
|||
∑ Skor max x Bobot
|
|
|
100
|
Cara menghitung
nilai akhir :
Tabel 3 : Sikap
No.
|
Nama
Siswa
|
NIS
|
Perilaku
/ Sikap
|
Jml
Skor
|
Ket.
|
|||||||||||||||
Jujur
|
Tanggung
Jawab
|
Hati
–
Hati
|
Teliti
|
|||||||||||||||||
Nilai
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4=Sangat baik
3=Baik
2=Cukup
1=Kurang
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik Penilaian :
a.
Jujur
-
Skor 1 = Tidak jujur mengerjakan tugas
-
Skor 2 = Kurang jujur dalam
mengerjakan tugas
-
Skor 3 = Cukup jujur dalam
mengerjakan tugas
-
Skor 4 = Sangat jujur dalam
mengerjakan tugas
b.
Tanggung jawab
-
Skor 1 = Tidak bertanggungjawab mengerjakan tugas
-
Skor 2 = Kurang bertanggungjawab dalam
mengerjakan tugas
-
Skor 3 = Cukup bertanggungjawab dalam
mengerjakan tugas
-
Skor 4 = Sangat bertanggungjawab dalam
mengerjakan tugas
c.
Hati-hati
-
Skor 1 = Tidak hati-hati mengerjakan tugas kelompok
-
Skor 2 = Kurang hati-hati dalam
mengerjakan tugas
-
Skor 3 = Cukup hati-hati dalam
mengerjakan tugas
-
Skor 4 = Sangat hati-hati dalam mengerjakan
tugas
d.
Teliti
-
Skor 1 = Tidak teliti dalam mengerjakan tugas
-
Skor 2 = Kurang teliti dalam mengerjakan tugas
-
Skor 3 = Cukup teliti dalam mengerjakan tugas
-
Skor 4 = Mengerjakan tugas dengan tepat dan teliti
Tabel
4 : Keterampilan
a.
Pengembangan Keterampilan
No.
|
Nama Siswa
|
NIS
|
Keterampilan
|
Jml Skor
|
Ket.
|
|||||||||||||||
Berpikir kritis/ Bertanya
|
Menyumbang Ide
|
Menjadi pendengar yang baik
|
Komunikasi
|
|||||||||||||||||
Nilai
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4=Sangat baik
3= Baik
2= Cukup
1= Kurang
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik Penilaian :
a.
Berfikir Kritis/bertanya
-
Skor 1 = Jika tidak
menjawab dan bertanya
-
Skor 2 = Jika hanya
mampu menjawab
-
Skor 3 = Jika hanya
mampu bertanya
-
Skor 4 = Jika mampu
bertanya dan menjawab
b.
Kemampuan Mengemukakan Pendapat
-
Skor 1 = Tidak mampu mengemukakan pendapat
-
Skor 2 = Mampu mengemukakan pendapat, tetapi kurang lancer
-
Skor 3 = Mampu mengungkapkan pendapat secara lugas, tetapi kurang sesuai
dengan
permasalahan
-
Skor 4 = Mampu mengemukakan pendapat secara lugas dan sesuai dengan
permasalahan
c.
Menjadi pendengar yang baik/ fokus
dan memperhatikan
-
Skor 1 = Tidak fokus dalam menerima
materi
-
Skor 2 = Kurang fokus dalam menerima
materi
-
Skor 3 = Cukup fokus dalam menerima
materi
-
Skor 4 = Fokus dan memperhatiakan
dalam menerima materi
d.
Kemampuan Berkomunikasi
-
Skor 1 = Tidak bicara dan memberikan solusi
terhadap permasalahan kelompok
-
Skor 2 = Aktif bicara, tetapi tidak mampu
memberikan solusi
-
Skor 3 = Aktif bicara dan memberikan solusi,
tetapi kurang tepat
-
Skor 4 = Aktif bicara dan memberikan solusi
yang tepat
-
Cara
menghitung nilai
akhir :
Keterangan:
80 - 100 A:
Sangat baik
60 - 79 B:
Baik
40 - 59 C:
Cukup
20 - 39 D:
Kurang
0
- 19 E:
Kurang sekali
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Kepala
Sekolah SMA N 1 Maju Bersama
Fernando Kasenda, S.Pd ……………………………………………
NIP. NIP.
Demikianlah contoh Rencana
Pelaksanaan Pembalajaran Kurikulum 2013. Jika sobat pembaca ingin merasa masih
ada yang kurang dalam tulisan ini, hendaklah diminta atas kritik dan saran,
agar kiranya kita sama-sama bisa membuat RPP, yang nantinya bisa kita
aplikasikan dalam kehidupan kita dalam mengajar.
Terima kasih dan salam bagi saya
untuk sobat pembaca.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar