RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SMA Negeri
Maju Bersama
Kelas
/ Semester : XII /
Ganjil
Peminatan : Ilmu Pengetahuan
Sosial (IPS)
Mata
Pelajaran : Ekonomi
Tema
/ Topik : Koperasi
Sekolah
Pertemuan
ke- :
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
KI 1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI
2. Mengembangkan perilaku (jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong,
kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam, serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar
KD
1.2 Menerapkan ajaran agama dalam
praktek mengelola usaha dan koperasi
KD
2.4 Menunjukkan perilaku kreatif,
percaya diri, disiplin, tanggung jawab, kerjasama dan mandiri dalam melakukan
praktik mengelola koperasi sekolah
KD
4.4 Menerapkan teori pengelolaan
koperasi
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1. Menjelaskan pengertian koperasi
sekolah
2. Menyebutkan ciri-ciri koperasi
sekolah
3. Menyebutkan tujuan koperasi
sekolah
D.
Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa
mampu menjelaskan pengertian
koperasi sekolah
2. Siswa mampu menyebutkan ciri-ciri
koperasi sekolah
3. Siswa mampu menyebutkan tujuan
koperasi sekolah
E.
Materi
Ajar
Koperasi Sekolah
1. Pengertian
Koperasi Sekolah
Istilah koperasi berasal dari dua kata, yaitu co dan operation. Co berarti
bersama dan operation berarti
pekerjaan, sehingga kalau digabung menjadi cooperation
atau koperasi berarti pekerjaan bersama, atau bersama-sama bekerja untuk tujuan
tertentu
Menurut
Undang-Undang Koperasi No. 25 Tahun 1992, koperasi adalah badan usaha yang
beranggotakan orang-seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan
kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi
rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan.
Koperasi sekolah adalah koperasi yang
anggota-anggotanya terdiri atas siswa-siswa sekolah. Jika koperasi sekolah
didirikan di Sekolah Dasar, berarti nama disebut Koperasi Sekolah Dasar.
Selanjutnya jika koperasi sekolah didirikan di Sekolah Menengah Pertama, maka
disebut Koperasi Sekolah Menengah Pertama, dan seterusnya.
2. Ciri-Ciri
Khusus Koperasi Sekolah
1) Tidak
berbadan hukum namun diakui sebagai koperasi.
2) Anggotanya
terdiri atas siswa SD, SMP, SMA, SMK, atau sekolah sederajat dengannya.
3) Jangka
waktu keanggotaan terbatas selama anggotanya tersebut menjadi siswa sekolah
yang bersangkutan.
4) Diselenggarakan
pada waktu-waktu tertentu agar tidak mengganggu kegaitan belajar mengajar.
3. Tujuan
Koperasi Sekolah
1) Mendidik,
menanamkan, dan memelihara suatu kesadaran hidup bergotong-royong dan setia
kawan diantara para murid.
2) Menumbuhkembangkan
jiwa kewirausahaan siswa.
3) Memelihara
dan meningkatkan mutu pengetahuan dan keterampilan di bidang perkoperasian.
4) Memelihara
hubungan baik dan saling pengertian yang mendalam diantara sesama anggota
koperasi sekolah.
5) Membangkitkan
sikap berani mengemukakan pendapat
6) Sebagai
saran untuk memenuhi kebutuhan alat-alat sekolah.
7) Sebagai
sarana untuk belajar menerapkan prinsip-prinsip ekonomi dalam kehidupan
sehari-hari.
F.
Alokasi
Waktu: 1 x
45 menit
G.
Metode,
Model , dan Pendekatan Pembelajaran
-
Metode Pembelajaran : Ceramah, Tanya jawab
-
Model Pembelajaran : Artikulasi
-
Pendekatan Pembelajaran : Pendekatan Saintifik (Scientific Approach)
H.
Media/
Sumber Pembelajaran
v Alat pembelajaran : 1.
Lembaran tugas
2. Laptop
3. LCD
4. Chart
v Media pembelajaran : Power point
v Buku
sumber : Ekonomi untuk SMA dan MA KelasXII
YuliEko.2009.Ekonomi.Jakarta.CV.Mitra
Media Pustaka
Ekonomi
untuk SMA/MA Kelas XII
Noviani,
Leni.2009.Ekonomi.Jakarta:Pusat Perbukuan Depdiknas
I.
Proses Belajar Mengajar atau Skenario Pembelajaran
A. Pendahuluan
Kegiatan (Guru dan Siswa)
|
Metode
|
Media
|
Alokasi Waktu per-tahap
|
Penilaian pengamat
|
1. Mengucapkan
salam
2. Berdoa
3. Mengabsen
Siswa yg hadir
4. Apersepsi
v Mengingatkan kembali tentang materi yang diajarkan
pertemuan sebelumnya. Misalnya : Apa yang dimaksud dengan koperasi?
5. Motivasi
v Koperasi
adalah salah satu alternatif dalam mensejahterakan orang-orang.
|
Ceramah
|
|
5 menit
|
|
B.
Inti
Kegiatan
(Guru dan Siswa)
|
Metode
|
Media
|
Alokasi
Waktu
|
Penilaian
Pengamat
|
1. Guru
menyampaikan indikator yang akan dicapai
2. Guru
menyajikan materi sebagaimana biasa
3. Untuk
mengetahui daya serap siswa, guru membentuk kelompok berpasangan dua orang
4. Menugaskan
salah satu siswa dari pasangan itu menceritakan materi yang baru diterima
dari guru dan pasangannya mendengar sambil membuat catatan-catatan kecil,
kemudian berganti peran. Begitu juga kelompok lainnya.
5. Menugaskan
siswa secara bergiliran/diacak menyampaikan hasil wawancaranya dengan teman
pasangannya. Sampai sebagian siswa sudah menyampaikan hasil wawancaranya
6. Guru
mengulangi/ menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dipahami siswa
7. Kesimpulan/
penutup
|
Ceramah,
diskusi,
Artikulasi
|
Power
point, Chart
|
35
menit
|
|
C.
Penutup
Kegiatan
(Guru dan Siswa)
|
Metode
|
Media
|
Alokasi
Waktu
|
Penilaian
Pengamat
|
1. Guru
memberikan Post Test: Tanya jawab
antara Guru dan siswa untuk menguji siswa apa sudah mengerti materi yang
sudah di jelaskan dari awal sampai akhir.
2. Guru
dan siswa bersama – sama menyimpulkan materi yang dibahas
|
Ceramah
|
|
5 menit
|
|
J.
Penilaian
Proses dan hasil Belajar
1.
Teknik
Penilaian : Tes tertulis dan pengamatan
2.
Bentuk
Instrumen : Essay
3.
Instrumen :
1. Apa yang dimaksud dengan koperasi
sekolah?
2. Sebutkan ciri-ciri koperasi
sekolah!
3. Sebutkan tujuan mendirikan
koperasi sekolah!
4.
Kunci
Jawaban : Terlampir
TABEL SPESIFIKASI LEMBAR PENILAIAN
Tabel 1 : Lembar Penilaian
Pengetahuan
Indikator
|
LP dan Butir Soal
|
Kunci
LP dan Jawaban Butir soal
|
·
Menjelaskan pengertian koperasi sekolah
·
Menyebutkan
ciri-ciri koperasi sekolah
·
Menyebutkan
tujuan mendirikan koperasi sekolah
|
1. Jelaskan pengertian koperasi
sekolah!
2. Sebutkan ciri-ciri koperasi
sekolah!
3. Sebutkan tujuan mendirikan
koperasi sekolah!
|
Terlampir
|
Tabel
2 : Lembar Penilaian
sikap
Aspek yang dinilai
|
Teknik penilaian
|
Waktu penilaian
|
Karakter:
a.
Jujur ; peserta didik diharapkan jujur dalam
mengerjakan tugas yang diberikan
b.
Tanggung jawab ; peserta didik diharapkan
menyelesaikan tugas yang diberikan tepat
waktu
c.
Teliti
; peserta didik diharapkan teliti dalam mengerjakan tugas-tugas yang
deberikan
|
Pengamatan
|
Selama pembelajaran dan saat
diskusi
|
4. Lembar Penilaian Keterampilan
Aspek
Yang Dinilai
|
Teknik penilaian
|
Waktu penilaian
|
Keterampilan Sosial
a.
Bertanya ; peserta
didik dalam mengajukan pertanyaan dapat
menggunak
b.
an tutur kata yang sopan
c.
Menyumbang ide atau pendapat ; peserta didik dapat
menyumbangkan ide atau gagasan yang bersifat toleran
d.
Menjadi pendengar yang baik ; peserta didik dapat menjadi pendengar yang
baik saat guru sedang menjelaskan materi pelajaran
e.
Berkomunikasi ; peserta didik dapat berkomunikasi
dengan baik
|
Pengamatan
|
Penyelesaian tugas (baik individu
maupun dalam kelompok)
dan saat diskusi
|
LAMPIRAN
KUNCI JAWABAN SOAL ESSAY
KUNCI JAWABAN SOAL ESSAY :
1. Pengertian
koperasi sekolah adalah koperasi yang anggota-anggotanya terdiri atas
siswa-siswa sekolah
2. Ciri-Ciri
Khusus Koperasi Sekolah
a. Tidak
berbadan hukum namun diakui sebagai koperasi.
b. Anggotanya
terdiri atas siswa SD, SMP, SMA, SMK, atau sekolah sederajat dengannya.
c. Jangka
waktu keanggotaan terbatas selama anggotanya tersebut menjadi siswa sekolah
yang bersangkutan.
d. Diselenggarakan
pada waktu-waktu tertentu agar tidak mengganggu kegaitan belajar mengajar.
3. Tujuan
koperasi sekolah, yaitu:
a. Mendidik,
menanamkan, dan memelihara suatu kesadaran hidup bergotong-royong dan setia
kawan diantara para murid.
b. Menumbuhkembangkan
jiwa kewirausahaan siswa.
c. Memelihara
dan meningkatkan mutu pengetahuan dan keterampilan di bidang perkoperasian.
d. Memelihara
hubungan baik dan saling pengertian yang mendalam diantara sesama anggota
koperasi sekolah.
e. Membangkitkan
sikap berani mengemukakan pendapat
f. Sebagai
saran untuk memenuhi kebutuhan alat-alat sekolah.
g. Sebagai
sarana untuk belajar menerapkan prinsip-prinsip ekonomi dalam kehidupan
sehari-hari.
No
|
Unsur
yang dinilai
|
Skor
|
Bobot
|
∑Skor max
x Bobot
|
1
|
Jika
menuliskan jawaban yang benar
|
4
|
5
|
20
|
Jika
menuliskan jawaban tetapi kurang lengkap
|
3
|
|||
Jika
menuliskan jawaban tetapi belum lengkap
|
2
|
|||
Jika menuliskan jawaban tetapi salah
|
1
|
|||
2
|
Jika
menuliskan jawaban yang benar
|
4
|
10
|
40
|
Jika
menuliskan jawaban tetapi kurang lengkap
|
3
|
|||
Jika
menuliskan jawaban tetapi belum lengkap
|
2
|
|||
Jika menuliskan jawaban tetapi salah
|
1
|
|||
3
|
Jika
menuliskan jawaban yang benar
|
4
|
10
|
40
|
Jika
menuliskan jawaban tetapi kurang lengkap
|
3
|
|||
Jika
menuliskan jawaban tetapi belum lengkap
|
2
|
|||
Jika menuliskan jawaban tetapi salah
|
1
|
|||
Jika menuliskan jawaban tetapi salah
|
1
|
|||
Jika
menuliskan jawaban yang benar
|
4
|
|||
Jika
menuliskan jawaban tetapi kurang lengkap
|
3
|
|||
∑
Skor max x Bobot
|
|
|
100
|
Cara menghitung nilai akhir :
Tabel 3 : Sikap
No.
|
Nama
Siswa
|
NIS
|
Perilaku / Sikap
|
Jml
Skor
|
Ket.
|
|||||||||||||||
Jujur
|
Tanggung
Jawab
|
Hati –
Hati
|
Teliti
|
|||||||||||||||||
Nilai
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4=Sangat baik
3=Baik
2=Cukup
1=Kurang
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik
Penilaian :
a. Jujur
-
Skor 1 =
Tidak jujur mengerjakan tugas
-
Skor 2 =
Kurang jujur dalam mengerjakan tugas
-
Skor 3 =
Cukup jujur dalam mengerjakan tugas
-
Skor 4 =
Sangat jujur dalam mengerjakan tugas
b. Tanggung
jawab
-
Skor 1 =
Tidak bertanggungjawab mengerjakan
tugas
-
Skor 2 =
Kurang bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas
-
Skor 3 =
Cukup bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas
-
Skor 4 =
Sangat bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas
c. Hati-hati
-
Skor 1 =
Tidak hati-hati mengerjakan tugas
kelompok
-
Skor 2 =
Kurang hati-hati dalam mengerjakan tugas
-
Skor 3 =
Cukup hati-hati dalam mengerjakan tugas
-
Skor 4 =
Sangat hati-hati dalam mengerjakan tugas
d. Teliti
-
Skor 1 =
Tidak teliti dalam mengerjakan tugas
-
Skor 2 =
Kurang teliti dalam mengerjakan tugas
-
Skor 3 =
Cukup teliti dalam mengerjakan tugas
-
Skor 4 =
Mengerjakan tugas dengan tepat dan teliti
Tabel 4 : Keterampilan
a. Pengembangan
Keterampilan
No.
|
Nama Siswa
|
NIS
|
Keterampilan
|
Jml
Skor
|
Ket.
|
|||||||||||||||
Berpikir kritis/ Bertanya
|
Menyumbang Ide
|
Menjadi pendengar yang baik
|
Komunikasi
|
|||||||||||||||||
Nilai
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4=Sangat baik
3= Baik
2= Cukup
1= Kurang
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik
Penilaian :
a. Berfikir Kritis/bertanya
-
Skor 1 = Jika tidak menjawab dan bertanya
-
Skor 2 = Jika hanya mampu menjawab
-
Skor 3 = Jika hanya mampu bertanya
-
Skor 4 = Jika mampu bertanya dan menjawab
b. Kemampuan Mengemukakan Pendapat
-
Skor 1 =
Tidak mampu mengemukakan pendapat
-
Skor 2 =
Mampu mengemukakan pendapat, tetapi kurang lancer
-
Skor 3 =
Mampu mengungkapkan pendapat secara lugas, tetapi kurang sesuai dengan
permasalahan
-
Skor 4 =
Mampu mengemukakan pendapat secara lugas dan sesuai dengan permasalahan
c. Menjadi
pendengar yang baik/ fokus dan memperhatikan
-
Skor 1 = Tidak fokus dalam menerima
materi
-
Skor 2 = Kurang fokus dalam menerima
materi
-
Skor 3 = Cukup fokus dalam menerima
materi
-
Skor 4 = Fokus dan memperhatiakan dalam
menerima materi
d. Kemampuan
Berkomunikasi
-
Skor 1 = Tidak bicara dan memberikan solusi
terhadap permasalahan kelompok
-
Skor 2 = Aktif bicara, tetapi tidak mampu
memberikan solusi
-
Skor 3 = Aktif bicara dan memberikan solusi,
tetapi kurang tepat
-
Skor 4 = Aktif bicara dan memberikan solusi yang
tepat
-
Cara menghitung nilai akhir :
Keterangan:
80 - 100 A: Sangat baik
60 - 79 B:
Baik
40 - 59 C:
Cukup
20 - 39 D:
Kurang
0 - 19 E:
Kurang sekali
Mengetahui,
Guru
Mata Pelajaran Kepala
Sekolah SMA N 1 Maju Bersama
Fernando
Kasenda, S.Pd ……………………………………………
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar